Ponari si dukun cilik


Awal mulanya cerita si dukun cilik,yaitu media penyembuhannya adalah hanya dengan batu,ceritanya Bagaimana awal mulanya Ponari mendapatkan batu ajaib itu ? Begini kisahnya, Ponari bermain di bawah guyuran air hujan dan petir menyambar-nyambar di atasnya. Tiba-tiba tubuh bocah itu kemasukkan hawa panas, seperti batu terkena sambaran petir. Saat itulah di bawahnya muncul batu sebesar kepalan tangan, berwarna kehitaman. Batu ini, oleh Ponari dibawa pulang.Oleh neneknya, batu itu sempat dibuang. namun konon batu itu muncul kembali ke rumahnya. Awal mula Ponari bisa mengobati orang sakit, terjadi setelah salah seorang tetangganya menderita sakit. Tanpa sadar, Ponari memberi minuman air putih yang telah dicelupi batu temuannya itu. Menurut pengakuan warga dusun itu, orang yang diberi minuman Ponari itu bisa sembuh. Peristiwa ini menjadi bahan pembicaraan warga dusun.

Sampai akhirnya pasien yang sudah disembuhkan menceritakannya kepada orang lain yang kemudian menyebar dari mulut ke mulut serta televisi swasta yang sering menayangkannya itu yang membuat orang dari luar kota datang berbondong-bondong ke Jombang untuk menyembuhkan penyakitnya .Jadinya ribuan pengunjung datang memenuhi daerah tempat tinggal Ponari.

Hal ini tidak dapat dipikir secara logika,bahkan orang terkemuka tidak dapat menjelaskan khasiat batu tersebut.Setiap harinya saya sering mendengarkan orang-orang di lingkungan saya yang sering membicarakan kisah si dukun cilik tersebut.Saya hanya bisa mendebgarkan dan dapat dipetik pelajaran dari kejadian ini.Bahwa akhir-akhir ini semakin bertambah tahun semakin banyak sekali kejadian aneh yang muncul.Apakah ini sebuah pertanda ??? Allah SWT yang tahu akan ini semua !!!

30 komentar:

gembel said...

di sini terjadi eksploitasi anak...
sebagai warga negara iang berpendidikan, aku nggak setuju.
Tapi untungnya sekarang ponari udah sekolah..

Yari NK said...

Ya begitulah..... terkadang di masyarakat kita, logika tidak penting. Yang penting adalah bagaimana mereka dapat keluar dari kesulitan. Biaya berobat yang mahal, yang justru membuat mereka jadi terlibat dalam kesulitan yang lebih mendalam, membuat irrasionalitas mereka menjadi lebih dominan, apalagi ditambah pendidikan yang rendah, lengkap sudah keirrasionalan mereka.... :(

Anita Eka Puspita said...

ponari apapun itu pokoknya dia beruntung lah tapi kasihan kayknya dia dimanfaatin orang dewasa aje.

Edi Psw said...

Banyak tokoh ulama yang mengkhawatirkan orang yang datang ke sana menjadi syirik.

Aribicara said...

Inilah kalau dunia kedokteran tak lagi dipercaya sebagai solusi buat kesembuhan mereka. Terlebih fasilitas2 yg begitu mahal sehinga membuat orang utk mengambil jalan pintas.

Smoga saja ini dijadikan renungan untuk kita bersama :)

Peace Bro :)

delonelybie said...

i....waw.... ;;)
gimana kalau batu-nya ponari dimasukin dalam truk tanki besar,,,,lalu airnya dibagikan ke semua orang...hehehehehehe....just puding kugs...

omiyan said...

semua terjadi karena biaya kesehatan sangat mahal dan kehadiran ponari jadi alternatif termurah

aNGga Labyrinth™ said...

Masyarakat sana udah ngak berfikir dengan akal sehat, masa aer bekas mandinya pobari juga diambilin trus diminum...!!!!

Apa mereka ngak ingat dengan peristiwa tsunami di aceh dan banjir lumpur panas di sidoarjo ya..??

Klo kayak gini trus, siap - siap ya masyarakat jombang.... :P

gratisanboy said...

Emang akhirnya banyak yang menuju kemusyrikan ya.. nyatanya akhir comberan dirumah ponari pun jadi rebutan tuk dibawa pulang..

gratisanboy said...

Emang akhirnya banyak yang menuju kemusyrikan ya.. nyatanya air comberan dirumah ponari pun jadi rebutan tuk dibawa pulang..

ardianzzz said...

hehehe... mungkin batu filsafat kali ya..
kayak kepunyaannya hari potre..
salam kenal..

aura said...

yang dipercayai untuk menyembuhkan kita hanyalah ALLAH semata
itu hanya lewat bantuan Ponari ajah

sariyatno said...

saya, tidak percaya dengan apa yang dilakukan oleh ponari, karena menurut ilmu yang saya tekuni hal itu tidak dapat dibuktikan secara ilmiah karena tidak ada dasar teori yang mendukung!
karena ponari menyembuhkan penyakit hanya dengan sebuah batu yang ditemukannya!

IFOEL said...

Luar biasa ya..?? kalo dipikir secara logika n akal sehat kayaknya ngga mungkin banget.. but itulah kenyataan.. serahkan semua kepada yang maha kuasa

Post a Comment