HIKMAH RAMADHAN

|


"Marhaban ya Ramadhan." Begitu kita dengan suka cita menyambut bulan Ramadhan, bulan penuh kemuliaan saat ia hadir.Ramadhan yang ditunggu-tunggu umat islam di seluruh dunia telah tiba.Bulan kesembilan dalam penanggalan hijriyah ini sangat dinanti.Sepanjang bulan ini muslimin muslimah melakukan aktifitas yang penuh rahmat dan barokah,diantaranya:







1.PUASA

Sungguh besar nikmat Allah SWT yang memberikan kesehatan bagi kita semua.Secara tidak sadar dalam puasa,kesehatan kita menjadi lebih baik dikarenakan saluran pencernaan kita yang selama setahun penuh yang biasanya mencerna makanan 18 jam sehari,kini dapat beristirahat 14 jam seharinya.

2.Shalat tarawih
Shalat Tarawih merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan pada bulan Ramadan. Setiap kali masanya tiba, berduyun-duyun masjid menjadi penuh selepas waktu Isya. Saya contohkan manfaat malam pertama dalam shalat terawih,Rasulullah SAW bersabda: Terlepaslah ia dari dosa-dosanya seperti ketika ia baru dilahirkan oleh ibunya. SUBHANALLAH

3.Laylatul Qadar
Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah satu malam yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia, Lailatul Qadar.
"Allah telah memuliakan Al-Quran dimalam ini, dan ditambahnya dengan maqam yang mulia, yaitu kedudukan dan kemuliaannya yang sangat banyak dari kebaikan dan kelebihan dari 1000 bulan. Apa-apa ketaatan dan ibadah didalamnya menyerupai 1000 bulan yang bukan Lailatul Qadar. 1000 bulan ini menyamai 83 tahun 4 bulan. Hanya di satu malam ini lebih baik dari umur seseorang yang menghampiri 100 tahun, jika tambah berapa tahun beliau baligh dan dipertanggung jawabkan."SUBHANALLAH

4.Zakat Fitrah
Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Kata Fitrah yang ada merujuk pada keadaan manusia saat baru diciptakan sehingga dengan mengeluarkan zakat ini manusia dengan izin Allah akan kembali fitrah.

5.Idul Fitri
Tanggal 1 syawal inilah kita merayakan kemenangan.perjalanan iman telah sampai pada kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh. Kita merayakan Idul Fitri dengan penuh suka cita, dengan penuh kegembiraan. Dan tentu saja kesukacitaan dan kegembiraan ini hanya akan dengan sempurna dirasakan oleh orang-orang yang telah berhasil melampaui tahap perjuangannya selama bulan Ramadhan dengan amalan-amalan kebaikan siang dan malam. Mereka menahan rasa haus dahaga, lapar dan menjaga syahwatnya serta dengan tetap khusuk pula beribadah di siang hari. Dilanjutkan malamnya untuk lebih bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Rabb-nya dengan shalat lail, tarawih, tadarus Al-Qur'an serta kebaikan-kebaikan lainnya yang tiada putusnya.

Semoga Allah SWT sampaikan kita di bulan Ramadhan tahun 1431 hijrah ini dan memasukkan kita ke dalam golongan hamba-Nya mendapatkan kemenangan. Semoga Allah pilih kita menjadi orang-orang yang sukses di akhirat kelak, yakni dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam Syurga. Semoga Allah berkenan menghimpunkan kita di syurga Firdaus yang paling tinggi bersama Rasul Saw, para shiddiqin, syuhada’, dan shalihin sebagaimana Allah himpunkan kita di tempat yang mulia ini. Allahumma amin..

8 komentar:

Lina Marliana said...

Banyak artikel2 tentang bulan ramadhan di postingan2 sobat nih.. Met berpuasa.. :)

Post a Comment